17 Februari 2016

Info Online Tajwid: Peletak Dasar Ilmu Tajwid

Ditinjau dari sisi amalan, praktik bacaan Al-Quran adalah wahyu dari Allah ‘Azza wa Jalla yang disampaikan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam melalui Jibril ‘alaihis salam. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan kepada para sahabat, lalu para sahabat menyampaikan kepada tabi’in, dan begitu seterusnya, sampai ilmu itu kepada kita. Oleh karena itu, tidak ada seorang pun yang diperbolehkan berijtihad dalam hal bacaan Al-Quran tersebut. (Hidayatul Qari [I/46] dalam Tajwid Lengkap Asy-Syafii hal. 41)


Namun, terjadi perselisihan di kalangan para Ulama Qurra mengenai siapa yang mulai meletakkan kaidah dan ushul ilmu tajwid secara nazhariyah (teoritis). Sebagian mengatakan Abu ‘Amr Hafs bin ‘Umar Ad-Dury. Ada juga yang mengatakan Abu ‘Ubaid Al-Qasim Ibnu Sallam, Abul Aswad Ad-Duali, atau Al-Khalil bin Ahmad Al-Farahidi.

Adapun pendapat yang paling kuat, in Syaa Allaah, sebagaimana dikemukakan oleh Al-Imam Ibnul Jazariy, bahwa orang yang pertama kali meletakkan kaidah dasar ilmu tajwid secara teoritis adalah Al-Imam Abu Muzahim Musa bin Ubaidillah Al-Khaqani (248-325 H).

Beliau menulis syair yang berisi panduan singkat dalam membaca Al-Quran yang terdiri atas 51 bait pada akhir abad ke-3 atau awal abad ke-4 H. Ini merupakan manuskrip tertua yang membahas permasalahan ilmu tajwid.

Syarah (penjelasan) bait-bait ini pertama kali ditulis oleh Al-Imam Abu Amru Utsman Ad-Dani (wafat 444 H) yang diberi judul "Syarh Qashidah Abi Muzahim Al-Khaqani" atau "Syarh Qashidah Khaqaniyah".

Para Ulama Qurra telah menjadikan kitab ini sebagai salah satu sumber rujukan dalam permasalahan tajwid, selain Manzhumah Jazariyyah dan Tuhfatul Athfal.

Semoga bermanfaat.

Learn Tajwid Online: WhatsApp, Telegram, FB, Twitter, and Video Call.

Mentor: Abu Ezra Al-Fadhli

Contact Us:

WhatsApp / Telegram: +62 823 1901 7000
Fan Page: Online Tajwid
Twitter: @OnlineTajwid
Telegram Channel: telegram.me/onlinetajwidinfo
Email: onlinetajwid.info@gmail.com

Dipublish oleh Telegram Online Tajwid pada 12 Oktober 2015 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.