09 Maret 2016

Gurunda Syarif ibn Ja'far ibn Salim Baraja': Bahaya Zina (Khutbah Gerhana Matahari)

Terjadi gerhana matahari di zaman Nabi ﷺ. Bagaimana Nabi menyambutnya? Nabi ﷺ bergegas menuju masjid untuk memanggil jamaah dan shalat. Bagaimana shalat yang dilakukan Nabi ﷺ di saat gerhana? Karena momen gerhana matahari adalah momen istimewa, maka shalat yang dilakukan pun istimewa.

Tata cara shalat gerhana yang dicontohkan oleh Nabiﷺ berbeda dengan shalat di hari-hari biasa. Nabi ﷺ shalat dengan sangat panjang sekali. Jauh lebih panjang daripada shalat di hari-hari biasa. Setelah shalat, Nabi ﷺ berkhotbah. Apa isi khotbah Nabi ﷺ di peristiwa luar biasa ini?

Nabi ﷺ mengingatkan akan bahaya zina. Katanya: Allah amat cemburu saat ada dua hambaNya berzina. Karena Allah telah menjelaskan bahwa dosa zina adalah dosa yang amat besar. Nabi ﷺ membahas dosa zina pada momen luar biasa. Tanda bahwa maksiat zina bukan dosa besar biasa.

Allah amat cemburu ketika terjadi perzinaan, meski dilakukan suka sama suka, dan dibolehkan oleh hukum di banyak negara. Maka Allah melarang manusia untuk mendekati zina. Mendekat saja dilarang, apalagi melakukan. Allah melarang kita mendekati zina, artinya kita dilarang melakukan hal-hal yang membuat kita menuju zina.

Pintu perzinaan harus ditutup rapat-rapat. Dan ini tanggung jawab pribadi dan komunal masyarakat, juga negara. Jika perzinaan sering dilakukan, apalagi dengan terang-terangan, apalagi dilegalkan.. Maka tak heran ketika itulah Allah akan mencabut berkah dari sebuah negeri, meski mayoritasnya muslim.

Bagaimana sebuah dosa yang membuat Allah cemburu, malah dilegalkan oleh hukum manusia? Ada lagi sebuah pelajaran yang menarik dari isi khotbah Nabi ﷺ saat gerhana matahari tentang zina. Pelajaran ini disebutkan oleh Ibnul Qayyim dalam buku Raudhatul Muhibbin.

Ketika terjadi gerhana matahari, sinar matahari mendadak hilang. Dunia menjadi gelap. Perzinaan membuat hati yang terang menjadi gelap, sebagaimana gerhana membuat siang jadi gelap. Ketika hati gelap, maka tak mampu lagi mengindera kebenaran, meski ada di depan mata.

Sumber: https://www.facebook.com/406779249415200/photos/a.624872114272578.1073741825.406779249415200/964508770308909/?type=3
Repost: http://catatanr10.blogspot.co.id/2016/03/bahaya-zina-khutbah-gerhana-matahari.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.