23 November 2015

Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal: Yang Takut Pada Allah, Baginya Dua Surga

Bismillah wa-lḥamdulillāh, waṣṣalātu wassalāmu ‘alā nabiyyinā muḥammad, amma ba’du. Surat Ar Rahman merupakan salah satu surat yang disukai oleh umat Islam. Surat ini sebenarnya juga "menakutkan" karena terdapat gambaran hukuman neraka yang detil. Setelah memberikan gambaran neraka, Allah janjikan dua surga sebagaimana yang tercantum pada surat Ar Rahman ayat ke-46, “Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua syurga”.


Kita mulai dengan membaca basmalah dan doa belajar untuk memulai kajian singkat ini. Bismillahirrahmanirrahim. Robbisyrohlii shodrii wa yassir lii amrii wah lul uqdatammillisaanii yafqohuu qoulii.

Kajian kali ini adalah tentang tafsir ayat ke-46 surat Ar Rahman menurut Ibnu Katsir rahimahullah.

وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ

Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua syurga” (QS. Ar Rahman: 46).

Siapa yang takut pada maqom Rabbnya nanti kelak pada hari kiamat, sehingga ia:

1. menahan hawa nafsu
2. tidak melampaui batas
3. tidak mementingkan urusan dunia
4. tahu bahwa mengejar akhirat itu lebih baik dan akhirat itu kekal
5. menjalankan kewajiban pada Allah
6. menjauhi larangan Allah
7. maka orang seperti itu pada hari kiamat akan dikaruniai dua surga.

Dari ‘Abdullah bin Qais, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

جَنَّتَانِ مِنْ فِضَّةٍ ، آنِيَتُهُمَا وَمَا فِيهِمَا وَجَنَّتَانِ مِنْ ذَهَبٍ آنِيَتُهُمَا وَمَا فِيهِمَا ، وَمَا بَيْنَ الْقَوْمِ وَبَيْنَ أَنْ يَنْظُرُوا إِلَى رَبِّهِمْ إِلاَّ رِدَاءُ الْكِبْرِ عَلَى وَجْهِهِ فِى جَنَّةِ عَدْنٍ

“Dua surga itu bejana dan apa yang ada di dalamnya dari perak. Dua surga itu bejana dan apa yang ada di dalamnya dari emas. Tidaklah di antara kaum dan di antara mereka melihat Rabb mereka, melainkan ada pakaian sombong di wajah-Nya di surga ‘Aden (yang tetap).” (HR. Bukhari no. 4878 dan Muslim no. 180). (Shahih Tafsir Ibnu Katsir, 4: 344-345)

Apa yang Dimaksud Orang yang Takut pada Allah?

Syaikh As Sa’di rahimahullah menyatakan, “Konsekuensi dari orang yang takut pada Allah adalah meninggalkan larangan dan melaksanakan perintah. Itulah yang mendapatkan dua surga. Dua surga itu terdapat bejana, perhiasan, bangunan dan isi lainnya yang terbuat dari emas. Salah satu dari dua surga itu diperuntukkan karena meninggalkan yang diharamkan. Dan surga lainnya diperuntukkan karena melakukan ketaatan yang diperintahkan.” (Tafsir As Sa’di, hal. 880)

Semoga Allah menjadikan kita orang yang takut pada Allah.

Penutup

Demikianlah kajian singkat membahas Surat Ar Rahman ayat ke-46. Sumber tulisan dari ustadz Muhammad Abduh Tuasikal di Rumay Sho, http://rumaysho.com/10862-yang-takut-pada-allah-baginya-dua-surga.html.

Terima kasih untuk yang sudah menyimak tulisan ini. Maaf kalau ada yang salah, itu dari saya. Kalau yang benar dari Allah. Mari kita tutup dengan bacaan hamdallah, istighfar dan doa kafaratul majelis.

سُبْحـانَكَ اللّهُـمَّ وَبِحَمدِك، أَشْهَـدُ أَنْ لا إِلهَ إِلاّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتوبُ إِلَـيْك

Subhanakallahumma wabihamdika Asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.”

Barakallahuli wa lakum. Wassalamu’alaykum warahmatullah wabarakatuh.



*Catatan referensi yang digunakan ustadz Muhammad Abduh Tuasikal:

Shahih Tafsir Ibnu Katsir, Syaikh Musthofa Al ‘Adawiy, terbitan Darul Fawaid, cetakan pertama, tahun 1427 H.

Tafsir As Sa’di (Taisir Al Karimir Rahman), Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di, terbitan Muassasah Ar Risalah, cetakan kedua, tahun 1433 H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.